Monday, November 20, 2006

The Story

Dan Hujan pun Berhenti

"Hei! Kenapa menggantungkan itu?"
"Biar hujan nggak turun."
"Memangnya kenapa kalau turun?"
"Aku akan keburu mati sebelum aku bunuh diri."
"Kamu mau bunuh diri?"
"Ya, asal nggak hujan."
"..."

Itulah line pembuka yang mengisi halaman pertama buku ini. Line penting yang berpengaruh besar terhadap takdir tokoh-tokohnya, yang tentu saja berkaitan dengan hujan.Adalah Leo, seorang anak SMA yang baru saja dipukuli, yang tiba-tiba saja melihat seorang gadis yang sedang menggantungkan teru-teru bozu--penangkal hujan--di pohon sebelahnya. Ia, saking herannya, tanpa sadar bertanya pada gadis itu tentang apa yang sedang gadis itu lakukan. Dan gadis itu berkata ia melakukannya untuk persiapan bunuh diri!

Sebenarnya Leo ingin melupakannya; dia terlalu skeptis untuk mengurusi orang lain. Sejak ia kabur dari rumah setelah kepergian teman pertamanya, Leo sudah tidak peduli lagi pada apapun. Ia sudah permanen memakai topeng tersenyum di wajahnya, menghasilkan imej maya itu--dirinya yang cuek, enerjik, sinis, liar, dan brutal. Sesuatu yang ia pakai di permukaan agar tampak bahagia selalu, menutupi keantisosialannya yang tersembunyi dalam dirinya. Kebencian dan ketidakpercayaannya pada dunia.

Tapi Leo ternyata benar-benar tidak bisa mengabaikannya. Ia bertemu dengan gadis itu lagi di kamar mandi sekolahnya, saat gadis itu sedang mencoba bunuh diri! Leo awalnya enggan untuk menyelamatkan gadis itu. Tapi setelah percakapan singkat sebelum kematian gadis itu, ternyata sesuatu berjalan di luar rencananya: gadis itu ternyata mirip dengan teman pertamanya...

Disadarinya atau tidak, di sanalah semuanya berubah. Di sanalah titik balik segala masalah Leo. Yang akan mengorek kembali masa lalunya, maupun masa lalu gadis itu. Yang akan mengusik sisi-sisi mereka yang terdalam. Yang membenturkan secara brutal apa-apa yang selama ini mereka percayai. Menghasilkan hubungan "benci-terikat" yang kompleks, yang tidak bisa Leo hindari. Segala rasa sakit, rasa hangat, kasih sayang, kebencian, dan pengkhianatan, mewarnai penuh hubungan rapuh mereka. Baik antara Leo dengan gadis itu, Spiza, maupun dengan orang-orang di sekitar mereka. Yang mengubah jalan hidup mereka selamanya.

Dan di atas segalanya, hanya satu yang bisa Leo pegang,yaitu dirinya dan Spiza, adalah orang-orang yang sama-sama tidak bahagia, dan sama-sama membenci hujan.Dan hanya itulah yang bisa mereka mengerti bersama, tanpa bisa dibagi pada dunia.

Comments

"Cerita yang intens dan tanpa ampun. Kita dibawabertubi-tubi menyelami jurangterdalam si tokoh dengan gaya menulis danilustrasi kata yang spontan dan liar."


Sitta Karina, Cerpenis dan Novelis Lukisan Hujan dan Pesan Dari Bintang

"Ceritanya menarik dan bikin penasaran. Belum ketauan ending-nya gimana sampai kita baca halaman terakhir. Cerita yang berganti-ganti antara kejadian sekarang dan masa lalu terjalin dengan rapi dan berkesinambungan. Temanya juga rada-rada "dark", agak berbeda dengan teenlit-teenlit pada umumnya."


Luna Torashyngu, Novelis Victory, trilogi Sweet Angel, dan Beauty and The Best

15 comments:

-net- said...

Farida..ini net dari milisnya kak Arie..

huhuhu..iri banget sama kamu yang novelnya bisa di-publish..semoga novelku juga cepat menyusul yawh..amien..

bagus banget cover-nya..teru-teru bozu..kepikiran banget sih?..

aku pasti cari bukumu..ntar aku kirim komen lagi yawh..

Sukses selalu,
-net-

andrew said...

Nice Story, selamat ya novelnya kamu udah kelar, hmmm ntar coba cari di Gramedia :) sedikit ngga nya, ceritanya menarik :)

Jo Juan Marvin Ronald Hutagalung said...

wow, gw coverage dari WebGaul.Com wuah ini ya... ajarin dong bikin novel :)

friendship said...

congrat yah...en salam kenal dari ryu:)

kayaknya novelnya seru neeh, ntar deh niat di cari :)

Ti2Sh said...

covernya lutu skaleee...
kontradiktif sama isinya yg tentang kematian...
huehuehue

Bis ini nyari deh, ntar comment lg ;)

Btw, salam kenal =)

fortherose said...

farida... salam kenal...

aku udah baca novelmu... dan keren banget!!
euh... baca reviewku yahh :)

dua jempol tangan buat 'dan hujan pun berhenti....'
pengin empat jempol, tapi kalo pake jempol kaki kan nggak sopan..hehehe...^___^

Poyo Poyo said...

terima kasih semuanya...

ajijotak said...

ada hal-hal yang menggelitik saya setelah membaca beberapa kalimat dari novel kamu. It's so energic! saya terutama suka dengan cara kamu membawa saya (baca:pembaca) ikut untuk menyelam ke jauh ke dalam palung-palung kesinisan Leo. Tokoh yang tergambarkan dengan hebat!

Sukses ya farida. semoga awal ini akan jadi lebih cerah nanti.

Zahra said...

salam kenal, Farida-chan.
Biar Q yg plng telat, tetep Q ucapin, novel Qm tuh kereeeeeeeeeeeen bangeeeeeeeeeet!Totally, I like it very much!
Udah ceritanya yg beda banget, tokoh2nya bikin jatuh cinta, lagi! Terutama Leo!Wuih, Q bnr-bnr suka sama Leo! Kyknya, kalo dia bnr-bnr ada, Q bakal patah hati ^^
Q juga suka endingnya. Biar gak diuraikan, tapi pasti happy ending, dong. Jadi, selamat buat Qm yg berhasil bikin novel yg greget banget! Eit, gak lupa buat Leo and Spiza moga langgeng. Salam buat mereka, ya
hehe ^^
Oya, btw, Qm suka anime Jepang, gak? Coz gak tahu napa, Q ngebayanginnya kayak komik, gitu. Kan, bagus juga nambah temen yang suka anime.
hoho...
Oya lagi, Q gak pnh bosen pergi ke Gramed buat cari novel baru Qm. pokoknya, jangan pernah berhenti bikin novel, ya, coz bakal selalu ada orang yang nunggu karya Qm yg berikutnya, berikutnya, dan berikutnya....
hoho, kepanjangan...
yah, pokokne, Ganbate ne!

oya yg ketiga kalinya, nama Q Zahra.

Sukses selalu, ya!

celinereyssa said...

kayaknya menarik d mbak. gw sendiri blum baca sihh,, tp sinopsisnya menantang gw utk segra mencari novelnya. ntar gw kasi komen lagi d, klo dah baca novelnya. skalian lagi cari2 inspirasi buat novel ke-2 nih,, hohoho...

salam kompak jiwa....\(^o^)/

thestellasky said...

huah, gak nahan , nangis mulu bacanya hahaha :)

Alana Rain said...

nice story.. :)

Ela Imoet said...

aku dah baca bukunya...
bukunya keren banget....
jadi pengen baca terus nih....
hehehhehehehe

Anie Yasa said...

Aku udah baca 1tahun yg lalu, nice story.. Aku jd jatuh cinta sama si leo

Yuni Asqiera said...

Aq ud bca berthun-thun yg lalu... bgus bgt. Msi inget sm leostrada smpek sekrg... kerenn... buat remaja ni hrus bca..